Sabtu, 26 Agustus 2017 – Renungan Pagi

“CARILAH TUHAN”

Carilah Aku, maka kamu akan hidup! (ay.4b)

Amos 5 : 4-6
MINGGU XI SES. PENTAKOSTA
SABTU, 26 AGUSTUS 2017
RENUNGAN PAGI
KJ.355 : 1-Berdoa

Dalam Amos 5: 1-3, Amos menyatakan, Israel sebagai anak dara akan jatuh rebah. Dalam kejatuhannya tidak ada yang membangkitkannya. Dalam perikob bacaan kita terdengar seruan : Carilah Aku, Carilah Tuhan, maka kamu akan hidup. Suatu ajakan bagi Israel untuk mengalami pembaharuan.AIlah memanggil umat-Nya untuk mencari Dia supaya hidup mereka diselamatkan. Suatu panggilan menjadikan Tuha sebagai pusat kehidupan. Amos menyadarkan mereka bahwa umat telah berada di jalan menuju keruntuhan dan maut. Amos mengajak mereka untuk kembali ke jalan yang benar agar tidak mengalami hukuman.

Carilah Tuhan artinya: Tanyakan kehendak-Ku, mintalah pengajaran-Ku, mintalah petunjuk-Ku. Mereka dipanggil berpihak pada kebenaran dan keadilan. Karena dengan mencari Tuhan kamu akan hidup, sebab didalam Tuhan saja ada hidup. Tidak ada hidup: dijalan yang salah tanpa pertobatan. Tidak ada hidup tanpa petunjuk-petunjuk-Nya, tanpa menanyakan kehendak-Nya.

Hidup yang dimaksud adalah hidup yang benar, hidup yang diselamatkan, hidup yang diberkati, hidup dalam damai sejahtera dan hidup bahagia. Hidup yang demikian ini, hanya ada pada Tuhan dan dalam persekutuan dengan Tuhan. Kata Yesus “diIuar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa (Yoh 15:5).

Israel telah tersesat dalam ibadah mereka (ibadah palsu). Karena itu Amos menyerukan: Jangan mencari ke Betel, jangan pergi ke Gilgal dan jangan menyeberang ke Bersyeba ke tempat-tempat suci mereka yang sudah najis. Mereka perlu kembali pada standar-standar keadilan Allah dan perilaku yang benar dalam masyarakat, juga dalam kehidupan pribadi.

Pertanyaan bagi kita: Dimana saudara berada sekarang? Apakah saudara selalu mencari Tuhan, dalam arti menggantungkan seluruh kehidupan kepada-Nya?Jika itu yang saudara Iakukan, jangan takut. Apapun tantangan kehidupan yang kita alami, hidup kita terpelihara dalam anugerah-Nya.

KJ.355 : 2
Doa : (Ya Tuhan, bimbing kami agar dalam kehidupan ini, kami terus mencari Tuhan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *