Jumat, 11 Agustus 2017 – Renungan Malam

“MEZBAH ASING”

Anak Iembu itu sendiri akan di bawa ke Asyur sebagai persembahan kepada Raja “Agung” (ay.6)

Hosea 10 : 1-8
MINGGU IX SES. PENTAKOSTA
JUMAT, 11 AGUSTUS 2017
RENUNGAN MALAM
KJ.7 : 1-Berdoa

Mezbah (lbrani, mizbeakh; Aram, madbah) adalah tempat untuk mempersembahkan kurban kepada Allah, seperti: hewan yang disembelih, gandum, anggur, kemenyan, dsb. Allah memang menetapkan apa saja yang boleh dan/atau harus dipersembahkan kepada-Nya di atas mezbah (Iih. Kitab Imamat). Ketaatan dan kerelaan Israel untuk mempersembahan sesuatu bagi Allah di mezbah sungguh menyenangkan hati-Nya.

Bukan karena Allah membutuhkan apa yang dipersembahkan itu, melainkan karena Allah menghargai pengorbanan umat-Nya untuk memberi sesuatu yang terbaik bagi-Nya sebagai ekspresi kasih dan rasa syukur mereka kepada-Nya. Bahkan kurban di mezbah Allah semakin mempertegas relasi yang spesial antara Allah dengan Israel. Akan tetapi mezbah yang semula menjadi “titik perjumpaan” antara Allah dan Israel kini telah berubah menjadi “titik pertengkaran”. Israel meletakkan kurban-kurban sembelihannya di atas mezbah bagi ilah asing yaitu anak Iembu Bet-Awen, dewa kesuburan masyarakat Kanaan. Hal itu tentu saja sangat menyakiti hati Allah.

Betapa tidak?! Allah yang memberkati kehidupan Israel, tetapi Israel justru menyembah kepada ilah asing. Itulah sebabnya mengapa Allah menghukum mereka dengan berat. Melalui hukuman itu, Allah mendidik Israel supaya.mereka berhenti berbuat Iicik seperti “kacang lupa kuIit”. Bagaimana dengan kita?

Apakah kita juga memiliki “mezbah asing” di dalam hati kita yaitu uang, popularitas, jabatan, kuasa, dsb? Jika ya, hancurkanlah semua itu sebelum terlambat. Beribadahlah hanya kepada Tuhan dengan tulus danjujur. Sungguh, “mezbah asing” adalah kekejian bagi Tuhan. Tetapi siapa yang setia kepada-Nya akan diberkati oleh-Nya.

KJ.7 : 4
Doa : (Ya Roh Kudus, kiranya hidup kami menjadi persembahan di mezbah Tuhan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *