Kamis, 3 Agustus 2017 – Renungan Pagi

DIBENARKAN UNTUK MEMBENARKAN

Karena dahulu kita juga hidup dalam kejahilan: tidak taat, sesat, menjadi hamba berbagai-bagai nafsu dan keinginan, hidup dalam kejahatan dan kedengkian, keji, saling membenci (ay.3)

 Titus 3 : 1-3
MINGGU VIII SES. PENTAKOSTA
KAMIS, 3 AGUSTUS 2017
RENUNGAN PAGI
GB.79 : 1,2-Berdoa

Pengertian Gereja dari asal katanya adalah persekutuan orang-orang percaya yang dipanggil keluar dari kegelapan dunia menuju terang. Pemahaman ini tidak serta merta menarik gereja keluar dari dunia dan berada dalam Iingkungannya sendiri. Karena seluruh orang percaya masih hidup di dalam dunia dan terikat pada aturan.

Mengingat hal ini Paulus merasa perlu memberitakan kepada jemaat di Kreta untuk tunduk kepada pemerintah dan penguasa serta berperan serta secara aktif sebagai warga negara yang baik (3:1) . Paulus mengingatkan bahwa ketika orang percaya menerima Yesus dan diselamatkan bukan berarti pula mereka memiliki status yang lebih tinggi dari manusia lain. Karena orang percaya dibenarkan bukan untuk menjadi alat kesombongan Tuhan melainkan kita dibenarkan agar Iewat kita orang lain boleh juga mendapatkan dan menerima kebenaran yang sejati di dalam Yesus. Sebagai orang percaya kita harus dapat menjadi saksi bagi Kristus dan bukan menjadi beban yang meresahkan masyarakat dan negara (ayat 2).

Bung Karno Presiden kita yang pertama pernah berkata “Manusia tidak bisa (mungkin) mengabdi kepada Tuhan, dengan tidak mengabdi kepada sesamanya…. karena Tuhan bersemayam digubug si Miskin”. Kalau Bung Karno yang bukan orang Kristen bisa berkata seperti itu dengan pengetahuannya. Kita yang bukan sekedar diberi pengetahuan melainkan juga diberikan keselamatan di dalam Yesus harusnya dapat berbuat lebih besar lagi untuk sesama agar semakin banyak orang yang memperoleh kebenaran dan kehidupan yang kekal.

GB.79 : 3
Doa : (Ya Bapa, dalam tuntunan hikmat-Mu biarlah keselamatan yang Kau berikan di dalam Yesus tidak menjadi sia-sia dalam kehidupan kami)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *