Jumat, 4 Agustus 2017 – Renungan Pagi

MERENCANAKAN, MENGATUR, DAN MENGELOLA PELAYANAN DENGAN BIJAK

Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh, persoalan silsilah, percekcokan dan pertengkaran mengenai hukum Taurat, karena semua itu tidak berguna dan sia-sia belaka. (ay.9)

Titus 3 : 9-11
MINGGU VIII SES. PENTAKOSTA
JUMAT, 4 AGUSTUS 2017
RENUNGAN PAGI
GB.61 : 1,2-Berdoa

Waktu adalah anugerah Tuhan, di dalamnya ada berbagai kesempatan yang diberikan oleh Tuhan untuk kebaikan manusia. Dari 24 jam waktu yang Tuhan berikan berapa jam kah yang kita sudah luangkan untuk Tuhan? Atau berapa menit kah? atau berapa detik kah? Banyak orang yang mengatakan tidak memiliki waktu bagi Tuhan untuk merenungkan Firman-Nya, menyanyikan pujian baginya dan berdoa.Mengapa hal ini terjadi? Apakah waktu yang Tuhan berikan kurang? Tentu tidak, namun hal ini terjadi karena banyak orang tidak dapat merencanakan, mengatur dan mengelola waktunya dengan baik, sehingga gagal untuk menikmati hidup bersama dengan Tuhan.

Paulus menasihati Titus agar dapat merencanakan dan mengatur juga mengelola waktunya dalam pelayanan sebaik-baiknya. Hal ini dilakukan dengan tidak perlu meladeni perdebatan yang sia-sia menghabiskan energi dan waktu tanpa makna (ayat 9). Demikian juga bagi orang-orang yang keras hati dan bebal, jangan sampai menyita waktu dan pelayanan Titus karena masih banyak orang yang sungguh-sungguh ingin bertumbuh dalam iman. ( ayat 10-11).  Memang kasih Tuhan harus dinyatakan kepada semua orang tanpa terkecuali bahkan terutama bagi mereka yang sesat, namun bukan berarti perhatian pelayanan harus ditujukan kepada orang-orang itu saja dan membuat hal-hal lain jadi terbengkalai. Sebagai pelayan Tuhan, kita memang ingin melakukan banyak hal bagi Tuhan, namun kita juga sadar kita tidak mungkin mengerjakan segala hal. Ada hal-hal dalam hidup ini yang memang tidak bisa dan tidak perlu kita lakukan. Karena itu seorang pelayan harus dapat merencanakan, mengatur dan mengelola pelayan yang dipercayakan kepadanya dengan bijak dalam tuntunan Roh Kudus.

GB 61 : 3,4
Doa : (Ya Allah berikanlah hikmat untuk dapat menghargai waktu anugerah Tuhan dengan merencanakan, mengatur dan mengelolanya bagi hormat dan kemuliaan-Mu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *