“DIBEBASKAN DARI YANG JAHAT”

MINGGU IV SES. PENTAKOSTA
SENIN, 3 JULI 2017
Renungan Pagi
GB 51 :1-Berdoa
Kisah Para Rasul 9:1-9
“Siapakah Engkau, Tuhan?” Kata-Nya: “Akulah Yesus yang kauaniaya itu.” (ay. 5)

Banyak orang tidak menyadari bahwa sesuatu yang dilakukannya juga mempunyai akibat pada orang lain, baik langsung maupun tidak langsung. Alasannya adalah apa yang dilakukannya tidak berhubungan langsung dengan yang menjadi korban. Misalnya dalam kasus korupsi KTP Elektronik, para koruptor tidak berhubungan langsung dengan para pembuat KTP, tetapi akibat dari korupsi yang mereka lakukan membuat banyak warga masyarakat mengalami persoalan dalam membuat KTP Elektronik. Meskipun demikian mereka tidak menyadari akibat dari perbuatan mereka ini bagi warga masyarakat.

Dalam bacaan SBU pagi ini, perasaan yang sama juga dapat ditemukan pada diri Saulus. Saulus memang tidak pernah berhubungan langsung dengan Tuhan ketika melakukan kekerasan. Yang dianiaya atau diancam dan dibunuh Saulus adalah murid-murid Tuhan (ay.1). Karena itu ketika Saulus ditanya kenapa dia penganiaya Yesus, dia tidak mengenal siapa yang bertanya kepadanya (ay.4-5). Meskipun Saulus tidak dibenci atau dijauhi, tetapi dia ditolong untuk menyadari apa yang dilakukannya dan mengubah perilakunya. Ananias diutus untuk menolong Saulus, meskipun pada awalnya Ananias memiliki rasa takut kepada Saulus. Namun Tuhan meyakinkan Ananias bahwa orang seperti Saulus perlu ditolong untuk melakukan kebaikan. Bahkan dari yang tadinya suka membuat orang susah, sekarang dia akan banyak menanggung penderitaan untuk mendatangkan kebaikan.

Para pengikut Kristus saat ini juga mau diingatkan untuk tidak dengan cepat membenci atau menjauhi orang yang menyusahkan orang lain. Bisa saja orang tersebut tidak menyadari akibat buruk yang dilakukannya. Orang tersebut harus ditolong untuk meninggalkan perbuatan jahatnya dan menjadi mitra Tuhan. Orang percaya bertanggung jawab membebaskan orang tersebut dari hal buruk dalam dirinya agar dia juga bisa melakukan kebaikan dan menghadirkan kesejahteraan bagi sesama.

GB 51:3
Doa : (Kristus, ajarkanlah kami untuk menolong sesama kami meninggalkan perbuatan mereka yang menyusahkan orang lain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *