“PENDAMPINGAN DAN PEMBERDAYAAN”

HARI MINGGU IV SE8. PENTAKOSTA
MINGGU, 2 JULI 2017
Renungan Malam
GB.61 : 1-Berdoa
Kisah Para Rasul 8:26-40
“Bagaimanakah aku dapat mengerti, kalau tidak ada yang membimbing aku?” (ay.31a)

Pendampingan dan pemberdayaan adalah sebuah proses penting dalam pendidikan. Pendampingan bertujuan menolong orang untuk mendapatkan pengetahuan yang benar. Dalam kehidupan beriman pendampingan juga terus dibutuhkan agar orang percaya memiliki pemahaman iman yang benar. Di GPIB pendampingan ini berlangsung mulai dari masa anak-anak, melalui Pelayanan Kategorial (Pelkat) Pelayanan Anak (PA), sampai dengan usia Ianjut, melalui Pelkat Persekutuan Kaum Lanjut Usia (PKLU).

Sida-sida dari Etiopia adalah contoh orang yang ingin belajar tetapi membutuhkan pendamping. Tanpa bantuan seorang pendamping, dia tidak akan memahami Firman Tuhan yang dibacanya. Apalagi sebagai orang yang baru belajar mengenal Firman Tuhan, sida-sida itu perlu dibimbing. Dia bahkan dengan tegas mengatakan kepada Filipus: “Bagaimanakah aku dapat mengerti, kalau tidak ada yang membimbing aku?” (ay.31a). Roh yang mengutus Filipus juga tahu betul bahwa sebagai orang yang baru belajar Firman Tuhan dia perlu dibimbing.Karena itu Filipus diutus dengan tujuan tersebut.Fi|ipus mendampinginya dalam memahami Firman Tuhan sampai dia mengaku percaya kepada Yesus Kristus. Namun setelah Filipus membaptisnya, Filipus meninggalkan dia. Perginya Filipus dapat diartikan sebagai cara Filipus membiarkan dia memberdayakan dirinya dan mengembangkan pengetahuan dan pengalaman iman yang telah dimilikinya.

Teladan Filipus ini perlu diikuti oleh orang-orang yang mendampingi orang lain dalam belajar. Ada waktunya orang yang didampingi dalam belajar, khususnya dalam mendalami ajaran iman, perlu ditinggalkan sendiri agar tumbuh menjadi dewasa dalam iman dan tidak bergantung terus pada yang membimbingnya. ltu adalah cara memberdayakan orang yang didampingi. Ketika orang yang didam-
pingi bisa menjadi mandiri, maka dia juga pada waktunya bisa menjadi
pendamping bagi orang lain.

GB.61 :2
Doa : (Ya Tuhan, mampukan kami untuk mendampingi dan memberdayakan orang lain dengan baik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *