“MASIHKAH JADI KRISTEN NATO?”

“…sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani, bukan secara huruflah. Maka puiian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah” (ay.29)

Roma 2 : 17-29
MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
RABU, 21 JUNI 2017
RENUNGAN PAGI
KJ. 367 : 1-Berdoa

Kristen NATO istilah yang diberikan kepada orang kristen yang hanya mudah berkata tentang karakter Kristus, namun tidak mewujudkannya dalam perilaku kehidupannya. Ya orang kristen NATO (No Action Talk Only). Realita ini juga terlihat jelas dalam pergumulan jemaat pada saat itu.

Orang Yahudi merasa keselamatan milik mereka karena mereka memiliki hukum Taurat dan bersunat, sedangkan orang non Yahudi dianggap tidak berhak diselamatkan karena tidak memiliki hukum Taurat dan tidak bersunat. Namun permasalahan dari orang non Yahudi adalah bagaimana jika orang non Yahudi yang memiliki hukum Taurat itu, ternyata tidak melakukan hukum Taurat dalam perilaku kehidupannya? Apakah mereka berhak memperoleh Kese|amatan?. Bagaimana dengan orang non Yahudi yang tidak memiliki hukum Taurat dan tidak bersunat, tetapi perilaku mereka sesuai hukum Taurat? Situasi ini menimbulkan kebingungan di tengah jemaat kristen mula-mula khususnya orang non-Yahudi.

Karena itu, rasul Paulus menegaskan bahwa hukum Taurat dan sunat bukan jaminan keselamatan. Sebab yang terpenting bagi Allah adalah orang kristen yang mam pu menyatakan karakter Kristus dalam perilaku hidupnya. Mungkin ketika kita ditanya berbagai ajaran tentang Kristus, kita mampu menjawab dan menjelaskan dengan tegas. Namun, bisakah kitajuga menjawab dengan tegas jika kita ditanya “sudahkah karakter Kristus itu nampak dalam setiap perilaku hidup kita?” ataukah kita masih menjadi orang kristen NATO?”. lngatlah Tuhan tidak menebus kita untuk menjadi orang Kristen yang pandai berkata-kata tetapi tidak mampu melakukannya dalam tindakan. Pagi ini, sadari bahwa karya keselamatan yang dianugerahkan bagi kita mengandung tugas dan tanggungjawab untuk meneruskannya kepada semua orang lewat perkataan dan perbuatan.

KJ.367 : 6
Doa : (Kuatkan dan mampukan kami untuk menjadi pribadi yang senantiasa memiliki karakter Kristus lewat perilaku hidup yang nyata)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *