BERPIKIR POSITIF DAN MENJADI BERKAT BAGI SESAMA

MINGGU TFIINITAS
SENIN, 12 JUNI 2017
Renungan Malam
KJ.299 -Berdoa
Efesus 3:7-13
Sebab itu aku minta kepadamu, supaya kamu jangan tawar hali melihat kesesakanku karena kamu, karena kesesakanku itu adalah kemuliaanmu (ay.13)

Saudaraku, ada sebuah poster yang bertuliskan “Think Positive, Talk Positive, Feel Positive” Bagaimana saudara mengartikannya? Kalau saya mengartikannya “Berpikir positif, akan membuat kita mengatakan hal yang positif dan dampaknya kita akan merasakan perasaan yang positif (senang, bahagia, semangat) dalam berbagai situasi.

Kebenaran kalimat ini terlihat dalam perikop malam ini. Paulus dalam bacaan kita memaknai karya pelayanannya sebagai karunia Allah yang besar, bukan karena dia hebat namun justru karena anugerah Allah, bukan karena dia lebih dari para rasul lainnya tetapi justru menurutnya dia yang “pa|ing hina”. Paulus mampu untuk memandang secara positif tugas pelayanan yang diembannya sekalipun karena tugas itu dia harus mengalami banyak penderitaan. Cara pandang positif Paulus membuatnya memberikan penyataan yang mendorong anggota Jemaat di Efesus untuk juga berpikir positif dalam menghadapi pergumulan
yang ada termasuk keberadaan Paulus di penjara. Paulus memberikan kata-kata penghiburan bagi anggota Jemaat agar mereka tidak larut dalam rasa bersalah dan kuatir dengan apa yang sedang dialami Paulus. Apa yang diungkapkan Paulus itu mencerminkan bahwa dia adalah seorang yang berpikir positif sehingga dampaknya adalah ia dapat mengeluarkan pernyataan yang positif dan membangun orang lain serta memberi dampak perasaan yang positif bukan hanya bagi dirinya sendiri tetapi juga untuk orang lain.

Saudaraku, pesan Firman Tuhan di penghujung hari ini adalah miliki cara pandang positif dalam berbagai pengalaman hidupmu, katakanlah hal-hal yang positif kepada sesamamu, dan engkau akan merasakan perasaan positif (senang, bahagia, bersemangat) dalam situasi yang berat sekalipun, hingga kita bisa menjadi pribadi yang selalu bersyukur dan menjadi berkat bagi sesama. Selamat istirahat saudaraku, Tuhan menjagamu.

KJ.300: 3,4
Doa : (Tuhan Yesus, tolong hambamu agar senantiasa berpikir positif dalam setiap situasi hidup agar hidupku menjadi berkat bagi sesama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *